Rabu, 18 Juni 2008

HATI2 MENGKONSUMSI JAMU-JAMUAN DAN OBAT-OBAT ANTI NYERI

Mmmm hari minggu kemaren, saya lagi jaga UGD ada beberapa kasus yang menarik perhatian saya terutama pasien-pasien yang datang dengan keluhan muntah darah dan BAB hitam (Hematemesis et melena), ada sekitar 3 pasien wanita usia tua yang sama2 muntah darah… eh eh taunya setelah saya nanya2 tentang perjalanan penyakitnya ternyata mereka sama-sama suka minum jamu dan obat anti nyeri…..

Nah teman, saya mau ngingetin kalo jamu2 yg lagi beredar dipasaran sekarang ternyata setelah diteliti banyak mengandung obat corticosteroid jadi kandungan herbalnya sendiri malah sedikit, obat ini dianggap sebagai obat dewa karena mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit tapi dengan efek samping yang sangat banyak pula termasuk sakit maag (ulcus peptic dan gastritis). Nah ga heran kan kalo seseorang minum jamu merek tertentu langsung segar, rasa sakitnya hilang, nafsu makan tinggi, berat badan bertambah, pokoknya menyebabkan jamu tersebut laku dipasaran karena keampuhannya. Hal ini karena kandungan obat corticosteroid ini yang sangat banyak.Bila kita terus2an makan tuh obat maka kemungkinan lambung kita bocor pun semakin besar sehingga bisa menimbulkan muntah darah dan BAB hitam… obat-obat anti nyeri yang sering dijual diwarung2 pun mempunyai efek samping yang membahayakan lambung kita dan bisa menyebabkan gastritis, ulkus peptikum, bahkan sampai terjadi kebocoran lambung…

Buat masukan dan konsultasi kesehatan boleh kirim ke email saya yah….

Tidak ada komentar: